Selasa, 28 Juni 2011

23 April 2011- Masjid Jami Baiturrahman Kepanjen

#Hb Abdullah bin Ali Baabud#

1. Kalau didalam suatu majelis disebut nama orang-orang shaleh maka ditempat itu akan diturunkan rahmat, Bagaimana jika yang disebut adalah penghulunya orang shaleh, yaitu Rasulullah

2. Sahabat Rasulullah, Imam Abdullah bin Abbas menceritakan suatu saat ketika dihari Fathul Makkah, Rasulullah bertamu ke rumah ummu hani binti Abi Thalib, Rasulullah bertanya apakah ummu hani mempunyai makanan.

Ummu hani menjawab bahwa beliau hanya memiliki potongan-potongan roti kering yang menurut ummu hani sendiri tidak pantas untuk disajikan kepada Nabi Muhammad.

Tetapi Rasululullah merasa senang dengan roti-roti kering itu, Kemudian Beliau tanya lagi apakah ummu hani memiliki kuah ?

Ummu hani menjawab kuah-pun tidak ada, Ummu hani hanya memberikan cuka kepada Rasululullah

Selanjutnya, Beliau basahi roti kering dengan air agar lunak, dan beliau tuangkan cuka diatas roti tersebut dan Beliau makan.

Setelah makan beliau berucap 'Alhamdulillah' , dan mengatakan 'Sebaik-baik kuah adalah cuka'.

Perkataan Beliau Rasulullah semata-mata untuk menyenangkan ummu hani.

3. Rasulullah tidak pernah mengecewakan orang lain.

4. Rasulullah kalau selesai makan tidak pernah menyisakan makanan apapun di wadah, atau jari-jari Beliau. Selesai makan Beliau mulai mengambil makanan dari jari-jari di mulai dari jari tengah, jari telunjuk dan jari jempol.

4. Nabi tidak memakan makanan yang panas karena yang panas tidak mempunyai barokah.


#Habib Umar bin Abubakar Al Muhdor#

1. Manusia yang baik ialah yang paling bermanfaat bagi yang lain, seperti Rasulullah khayrunnas sebaik-baik manusia karena paling bermanfaat kepada manusia dan seluruh alam.

Dikisahkan bumi dan langit jaman dahulu tidak pernah akur. Karena semua letak kerusakan ada di bumi, letak keburukan ada di bumi. Sedangkan dilangit letak kemulyaan, seperti Nabi Adam begitu Beliau Nabi Adam berbuat dosa maka diturunkan ke bumi.

Sejak Rasulullah lahir, maka Bumi berkata kepada Langit , kalau sekarang dirinya menjadi mulya karena semulya-mulya manusia (Rasulullah) berada di bumi.

Langit menangis dan berdoa kepada Allah berharap agar makhluq mulia tersebut, Rasulullah naik ke langit. Allah kabulkan permintaan langit disaat Rasulullah melakukan perjalan mi'raj ke langit dari langit pertama sampai tujuh.


2. Kenapa Rasulullah lahir senen tidak lahir di hari jumat ? padahal hari jumat sayyidul ayyam ?

Karena Allah tidak ingin kemulyaan Rasulullah menumpang pada kemulyaan hari jumat, karena Beliau lahir di hari senen, maka mulya-lah hari senen karena Rasulullah,

Alasan ini sama dengan kenapa Rasulullah lahir di Rabiul Awwal tidak di Bulan Ramadhan.

3. Apabila sedang membaca maulid maka  istihdhar-kan ,  merasakan nabi hadir di depan kita. Seakan-akan kita sedang membaca maulid berhadapan dengan Beliau.


#Gus Rahim#

Ijazah dari Gus Rahim

1. Baca Shalawat Sholallahu 'alaihi wasallam  1000x, dan basmalah 786x ,ditiupkan ke air, diminumkan kepada anak yang sedang menempuh UNAS

2. Yang menjadikan masjid kotor, maka sama saja membuat gelap kuburnya nanti.

sumber: Majlis Maulid Wat Ta'lim Riyadlul Jannah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar